Pengertian RAM dan ROM

Nah, melalui tulisan kali ini kita akan jelaskan informasi buat Anda semuanya terkait apa saja sih sebetulnya pengertian RAM dan ROM dan fungsinya pada komputer?

Jika Anda kerap kali memakai gadget di kehidupan sehari-hari. Setidaknya juga Anda pernah mendengar istilah kata RAM dan ROM.

Pengertian RAM dan ROM

Istilah RAM dan ROM sangat sering digunakan di dalam dunia teknologi sebagai media untuk penyimpanan data pada komputer.

Walaupun begitu, nyatanya kedua istilah tersebut tentu saja mempunyai perbedaan. Oleh karena itu, mari kita simak pembahasannya dalam blog teknologi ini agar semakin banyak yang mengetahuinya.

Pengertian RAMĀ (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah hardware komputer yang fungsi adalah sebagai tempat penyimpanan data komputer yang sifatnya adalah instruksi program.

Biasanya data akan bisa diakses secara acak maupun tidak, hal itu tergantung tata letaknya. Namun yang uniknya, data dalam komputer akan hilang jika komputer dinonaktifkan / daya listrik dicabut dari perangkat komputer tersebut.

Maka hal yang mesti Anda pahami tentang RAM yaitu kapasitas RAM di dalam suatu perangkat komputer sangat berpengaruh dalam tingkat kecepatan proses data / loading dalam komputer.

Jadi, buat Anda yang hendak membeli sebuah komputer / laptop, maka ada baiknya lebih memperhatikan hal ini agar proses penyimpanan data, membuka data dan menjalankan program semakin cepat sesuai pada kapasitas RAM komputer / laptop milik Anda.

Fungsi RAM

Dari penjelasan diatas, sebetulnya Anda sudah bisa menangkap gambaran dari fungsi dari RAM. Bukankah begitu? namun, agar lebih jelasnya Anda bisa simak berikut ini :

1. Membaca Data

Seluruh data yang tersimpan dalam Harddisk komputer Anda akan bisa dibuka lebih cepat dengan adanya RAM. Ketika program atau file dibuka, tentu data yang akan dibaca dan disimpan ke dalam RAM sementara waktu. Sehingga proses dalam membuka program atau file bisa lebih cepat.

2. Penyimpanan Data Sementara

Selain itu, RAM juga mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan sementara ketika menjalankan program di komputer.

Contohnya saja Anda sedang mengerjakan tugas kuliah dengan memakai Microsoft Word. Meski komputer sudah menyimpan data sementara tugas kuliah Anda.

Namun, Anda harus menyimpan secara permanen agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Contohnya seperti listrik padam yang menyebabkan komputer Anda mati dengan seketika. Jadi, kalau sudah begitu data tugas kuliah apabila tidak disimpan secara permanen bakal hilang saat komputer mati.

Pengertian ROMĀ (Read Only Memory)

ROM (Ready Only Memory) adalah media penyimpanan data di dalam komputer yang bersifat permanen, dan itu berarti program atau data yang disimpan ke dalam ROM tidak bakal mudah hilang / berubah meski aliran listrik dalam kondisi mati.

Nah, dari pengertian ROM di atas maka akan sangat terlihat jelas perbedaan RAM dan ROM. Kalau RAM sendiri bersifat sementara, maka untuk ROM adalah bersifat permanen.

Fungsi ROM

ROM memang termasuk sebagai hardware komputer yang berupa chip memori semikonduktor. Dimana ROM ini berisi program default dari pabrik, sehingga biasanya cuma akan dipakai buat menyimpan firmware berupa perangkat lunak (software).

Untuk perangkat lunak yang biasa mengisi ROM ini yaitu BIOS (Basic Input Out System).

Sekian dulu ya ulasan kita kali ini yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian RAM dan ROM dan fungsinya pada komputer.

Semoga artikel ini bisa menambah pemahaman Anda dan terima kasih juga sudah bersedia membaca tulisan ini hingga akhir!

Leave a Comment