Pakaian Adat Sumatera Barat

Pulau Sumatera juga termasuk provinsi Aceh. Karena itulah nama pakaian adat tersebut adalah Baju Kurung. Apakah sama dengan nama pakaian adat Sumatera Barat? Mungkin sama, tapi dengan tampilan dan nama yang berbeda.

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di pulau Sumatera yang banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan. Ternyata pakaian adatnya yang memakai kerudung seperti perahu, lho.

Perahu itu terbalik, tepatnya. Atapnya seperti atap rumah adat Sumatera, Rumah Gadang. Unik dan tentunya menarik untuk dipelajari, sehingga Anda pasti tahu apa perbedaan pakaian adat Aceh dengan baju adat Sumatera Barat.

Suku asli yang masih sangat kental dalam menjaga adat istiadat dan budaya Sumatera Barat adalah Suku Minang atau Suku Minangkabau. Mereka memperkenalkan budaya Sumatera melalui pakaian dan budaya tradisional kepada para wisatawan yang datang.

Baju Adat Sumatera Barat

Tak heran jika pakaian adat Sumatera Barat banyak dikenal di dalam dan luar negeri. Keunikan pakaian adat suku Minang telah berkembang di kancah internasional. Ayo dengarkan!

1. Pakaian Penghulu

Ya, nama baju ini sudah tidak asing lagi bagi saya. Bisa juga dengan menyebutnya sebagai Baju Pemangku Adat karena dahulu baju ini dipakai oleh para pemimpin suku.

Ciri khas dan keunikan dari kemeja ini adalah warna dominan hitamnya. Makna lebih menonjol dari pada makna kepemimpinan. Jelas, laki-laki adalah pemimpin perempuan dan kepala suku adalah kendali kepemimpinan suku.

Keutuhan baju penghulu ini adalah sebuah keris yang ditempelkan di pinggang. Artinya adalah kesabaran. Seharusnya tidak emosional karena semuanya harus dipikirkan dulu.

Lebih lanjut, arti dari pemakaian kaos Penghulu ini juga terletak pada model celana yang sisir atau diameter lebar. Oleh karena itu, ini lebih merupakan martabat laki-laki yang lebih tinggi.

2. Bundo Kanduang

Ya, ini juga nama pakaian adat Sumatera Barat yang sering dikenakan oleh wanita Sumatera Barat. Namanya sama ya, kaya yang dipakai perempuan Aceh. Padahal, satu pulau dan asalnya sama, yakni Melayu.

Baju Bundo Kanduang ini memakai bawahan berupa sarung. Seperti wanita Sumatera pada umumnya. Motif sarung ini merupakan motif khas Sumatera Barat dengan dominasi sulaman benang emas yang mempesona mata.

Nah, pada ulasan kali ini anda akan mengetahui apa saja nama dari penutup kepala perahu terbalik tersebut. Hehe

Namanya Horned Horn. Artinya tidak jauh dari Rumah Adat Sumatera. Jadi bagi yang masih polos, pengaitan antara penutup kepala dan rumah adat sudah benar.

Mengenakan Tengkolok pada wanita yang mengenakan baju adat Sumatera Barat merupakan pertanda bahwa ia adalah pemilik Rumah Gadang (Rumah Adat Sumatera Barat). Keduanya telah bergabung dengan sendirinya.

Kalau Bundo Kanduang Aceh, mahkotanya lebih ramai, sedangkan Bundo Kanduang Sumatera Barat lebih simpel tapi tetap menarik. Mewakili jati diri asli masyarakat Padang atau Sumatera Barat secara keseluruhan.

3. Pakaian Batabue

Pada pakaian adat wanita Sumatera Barat yang disebut Bundo Kanduang terdapat baju yang disebut Baju Batabue. Ternyata inilah nama dari jersey teratas tersebut. Umumnya warnanya merah, hitam, ungu dan biru.

Motif pada baju Batabue ini merupakan motif khas Sumatera Barat dengan sedikit sentuhan benang emas. Sumatera barat yang sangat khas yaitu gemah ripah loh jinawi.

4. Baju Adat Sumatera Barat Lambak

Jika jersey Batabue lebih unggul dari Bundo Kanduang, maka bawahannya bernama Lambak. Bentuknya seperti sarung dengan motif khas Sumatera Barat. Kain songket merupakan kain utama.

5. Gaun Pengantin Padang

Ini adalah gaun khas Sumatera Barat yang dikenakan oleh pengantin wanita Padang. Dimana namanya Baju penghulu dan Bundo Kanduang. Tak kurang dari nama baju adat Sumatera Barat.

Namun yang membedakan busana Penhgulu dan Bundo Kanduang yang dikenakan sehari-hari dengan yang dikenakan pengantin perempuan Padang adalah warnanya. Dimana warna merah digunakan untuk acara pernikahan.

Selain itu juga terlihat pada aksesoris yang dikenakan oleh kedua mempelai yang lebih meriah dan tentunya memiliki kesan yang lebih mewah. Wanita Padang lebih cantik dan pria Padang lebih gagah.

6. Baju Adat Sumatera Barat Dukuah

Dimana perhiasan Dukuah ini merupakan perhiasan kalung khas dari Sumatera Barat. Kalung ini sama mewahnya dengan pakaian yang dikenakan wanita Padang. Biasanya dukuah akan terlihat lebih mewah saat menjadi pengantin.

7. Galang

Gelang atau lengkuas merupakan pelengkap yang sangat mencolok bagi perhiasan Dukuah. Gelang ini membuat Bundo Kanduang bahkan lebih cantik.

Sebenarnya aksesoris yang digunakan pada baju adat Sumatera Barat tidak terlalu banyak, karena pakaian Batabue memang sudah mewah dengan aksen motif liburan. Beserta rok bawahannya yang terbuat dari kain songket juga sangat mewah.

Pakaian Adat Sumatera Barat memang identik dengan pakaian adat Padang. Dimana saja baju adat ah baju adat yang sudah dikenal masyarakat. Bahkan, di seluruh Indonesia banyak sekali yang memakai pakaian adat Padang sebagai baju pengantin dengan adat istiadatnya.

Oh ya, Anda juga boleh simak pembahasan selanjutnya mengenai pakaian adat Jawa Timur.

Sekian dulu ya bro, terima kasih!

Leave a Comment