Contoh Kerajinan Serat Alam

Hai sobat, kali ini Saya mau membeberkan 5 contoh kerajinan dari bahan serat alam paling kreatif. Mau tahu apa saja itu?

Dengan berbagai produk yang dapat dihasilkan dari serat alam ini tentu saja akan mempunyai nilai jual tersendiri. Maka tak heran, kalau hasil yang diperoleh pun bisa membuat kita jadi geleng-geleng kepala.

Apalagi pengrajin Indonesia kalau lagi membuat karya seni tentunya menggunakan keterampilan dari tangan mereka sendiri.

Sehingga tak melulu hanya mengandalkan mesin saja. Selain itu, juga di setiap daerah mempunyai kerajinan lokal, sehingga bisa menjadi produk unggulan daerahnya.

Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Serat sendiri merupakan bahan baku yang dipakai untuk pembuatan benang maupun kain. Dimana untuk bahan serat alam ini berasal dari tumbuhan maupun hewani. Sedangkan untuk jenis serat alam dari tumbuhan boleh berasal dari biji-bijian, batang, daun dan buah.

Adapun bahan serat alam dari tumbuhan seperti serat sabut kelapa, biji kapuk, daun eceng gondok, limbah jagung dan masih ada banyak lagi.

Sedangkan kalau untuk serat dari hewan yakni boleh berupa serat stapel dan filamen. Contohnya yaitu kepompong ulat sutra dan serat bulu domba.

Contoh Kerajinan Dari Bahan Serat Alam

Nah, apabila Anda pengen coba praktek dalam pembuatan proyek kerajinan bahan serat alam ini. Maka perlu juga untuk mempelajari beberapa hal.

Seperti mengenal jenis-jenis dari bahan serat, syarat perancangan benda kerajinan, urutan pengolahan, dan alat produksi yang mesti disiapkan.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa produk kerajinan dari bahan serat alam yang telah banyak diproduksi oleh para pengrajin :

1. Vas Bunga dari Bahan Serabut Kelapa

Untuk tempat meletakkan bunga atau vas bunga ini adalah salah satu produk kerajinan yang cukup laku keras di pasaran pada umumnya.

Sehingga produk yang satu ini nantinya boleh dipajang di meja maupun di sudut ruangan, sesuai pada selera masing-masing.

2. Boneka dari Bahan Serabut Kelapa

Selain kerajinan berbentuk vas bunga, serabut kelapa juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan kerajinan boneka yang tentu saja mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Untuk boneka dari serabut kelapa ini mempunyai nilai fungsi pakai, yakni dipakai untuk tidur dan juga sebagai nilai hias.

3. Tas dari Bahan Anyaman Daun Pisang Kering

Ternyata daun pisang kering juga bisa dimanfaatkan oleh para pengrajin dalam pembuatan sebagai tas. Selain itu, juga mempunyai fungsi sebagai benda pakai dan hias. Tas ini juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang bawaan.

4. Bantal dari Bahan Kapuk

Oke, untuk produk kerajinan dari bahan serat alam berikutnya yaitu bantal dari kapuk. Sehingga ada banyak sekali orang yang lebih suka menggunakan bantal dari bahan kapuk daripada berbahan busa.

Disamping harganya yang murah, bantal dari kapuk ini juga terbilang awet untuk digunakan. Selain itu, juga mempunyai nilai fungsi sebagai benda pakai. Bantal ini pun mempunyai nilai hias sebagai hiasan untuk kamar.

5. Kerajinan Bunga dari Bahan Limbah Jagung

Bahan selanjutnya adalah limbah jagung, dimana juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan produk kerajinan berupa bunga. Untuk bunga dari bahan limbah jagung ini mempunyai nilai estetika dan juga fungsi hias.

Pada umumnya digunakan sebagai penghias meja maupun bagian lainnya dalam ruangan.

Sehingga warna dari limbah kulit jagung jika tidak di cat, maka mempunyai warna yang natural dan memiliki kesan yang terbilang sangat indah.

Nah, sekian dulu ya, pembahasan kita kali ini mengenai 5 contoh kerajinan dari bahan serat alam tumbuhan dan hewan.

Oh ya, untuk pembahasan lengkapnya boleh Anda simak di blog Genemil.com, dimana disitu juga membahas mengenai kerajinan dari Serat Alam dan pokoknya lengkap banget dah!

Leave a Comment